Minggu, 06 Desember 2009

Hasil Pertandingan | Chelsea Vs Manchester city 6 Desember 2009

Penyerang Carlos Tevez mencetak gol yang menentukan kemenangan Manchester City 2-1 atas Chelsea dalam duel lanjutan Premier League, Sabtu (5/12). Hasil ini memberi peluang bagi Manchester United untuk menggusur Chelsea dari puncak klasemen.

Sebelum pertandingan, Chelsea memimpin klasemen Premier League dengan 36 poin atau unggul dua angka dari MU di posisi kedua. Mereka membutuhkan kemenangan untuk menjauh dari jangkauan MU.

Namun, City yang selalu seri dalam tujuh laga Premier League sebelumnya, bertekad menjadikan duel versus Chelsea sebagai momen kebangkitan. Sebagai tim yang sedang berada di atas angin, Chelsea merupakan sasaran tepat bagi City untuk membuktikan kualitasnya.

Karenanya, tampil di kandang sendiri, City tampil dominan sejak menit awal. Ketika laga baru berjalan lima menit, mereka bahkan nyaris tertinggal menyusul tembakan Nigel De Jong. Beruntung, Petr Cech mampu mengamankan bola dalam dekapannya.

Selanjutnya, Chelsea perlahan mulai bergerak maju dan menebar ancaman. Chelsea pun tak menunggu lama untuk memetik buah serangan mereka. Di menit kedelapan, mereka mampu unggul berkat gol bunuh diri Emmanuel Adebayor.

Gol bermula dari tembakan Nicolas Anelka yang berhasil ditepis Shay Given. Sial, bola memantul ke punggung Adebayor yang berdiri tepat di depan gawang City. Bola pun kembali memantul, masuk ke gawang City. Given tampak kesal karena posisi Adebayor membatasi ruang geraknya.

Tertinggal 0-1, City berupaya meningkatkan intensitas serangannya. Namun, mereka kesulitan menembus barisan pertahanan Chelsea yang tampil disiplin. Sejumlah upaya umpan kandas karena membentur pagar betis "The Blues".

Tak mampu melakukan tusukan ke jantung pertahanan, City berusaha mencari peruntungan lewat tendangan jarak jauh. Usaha ini cukup efektif menembus soliditas lini belakang Chelsea. Di menit ke-18, misalnya, Kolo Toure melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, bola bisa ditangkap Cech, setelah sempat membentur John Terry.

Meski gagal, City melihat adanya celah di benteng Chelsea yang bisa dimanfaatkan. Mereka pun semakin ngotot menaikkan tensi serangan. Di menit ke-20, City kembali berpeluang menyamakan kedudukan melalui Emmanuel Adebayor.

Saat itu, memanfaatkan umpan silang Gareth Barry, Adebayor mengirim tembakan ke sudut kanan gawang Chelsea. Namun, bola sedikit melenceng ke sisi tiang gawang.

Terus tertekan, Chelsea berusaha mencuri serangan balik yang membuahkan ancaman serius ke gawang City, melalui Anelka di menit ke-24. Memanfaatkan umpan Michael Essien, Anelka mengirim bola ke sudut kanan gawang City. Sayang, bola melenceng ke sisi kanan tiang.

Ancaman Chelsea tak membuat City bersedia menurunkan tekanan. Mengandalkan pemainan sayap kanan yang dimotori Shaun Wright-Phillips, City terus mengacak-acak lini pertahanan kiri Chelsea.

Setelah menunggu hingga menit ke-34, City akhirnya mampu memberikan ancaman serius ke gawang Cech melalui Micah Richards. Saat itu, dalam duel udara dengan Petr Cech, Micah berhasil menanduk umpan Wright-Phillips ke arah gawang, yang tak terkawal. Untung bagi Chelsea, Carvalho masih sempat menjangkau bola dengan kepalanya dan membuangnya.

Tak sampai semenit, keberuntungan itu menjadi sia-sia menyusul gol City yang dicetak Emmanuel Edebayor. Memanfaatkan kesalahan kontrol bola John Terry, Adebayor mengirim bola ke sudut kanan bawah gawang Cech. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1. Gol ini merusak rekor Chelsea yang tak pernah kebobolan dalam lima laga Premier League sebelumnya.

Gol Adebayor mengubah jalannya permainan. Chelsea yang sebelumnya banyak menunggu, kini mulai aktif menyerang. Gempuran Chelsea mampu memaksa City bertahan. Namun, mereka tak mampu menambah gol hingga peluit turun minum berbunyi, dengan angka 1-1 tertera di papan skor.

Memasuki babak kedua, City kembali menampilkan permainan agresif yang membuat barisan belakang Chelsea kalang-kabut. Masih mengandalkan Shaun Wright-Phillips di sektor kanan, City mampu menciptakan gelombang serangan yang membuahkan sejumlah peluang gol.

Pada menit ke-53 misalnya, Wright-Phillips berhasil mengirim umpan kepada Adebayor di kotak penalti. Adebayor meneruskannya dengan tembakan ke sudut kiri gawang Cech. Namun, bola dimentahkan Ricardo Carvalho.

Semakin penasaran, City menggandakan kekuatan serangnya. Akhirnya, saat permainan memasuki menit ke-55, City berhasil unggul melalui Carlos Tevez. Saat itu, City mendapat tendangan bebas menyusul pelanggaran Ricardo Carvalho kepada Tevez. Tevez yang dipercaya melakukan eksekusi berhasil mengirim bola menembus sisi kiri bawah gawang Chelsea.

Tak mau kehilangan momen, City terus mendesak Chelsea. Namun, meski tertekan, Chelsea masih berusaha mencari celah membuat gol balasan. Mengandalakan umpan-umpan panjang, Chelsea berusaha menembus barikade pemain tengah dan bek City.

Namun, Chelsea terus kesulitan membuka pertahanan City dan menciptakan peluang, sampai mendapat hadiah penalti di menit ke-81, menyusul pelanggaran Nedum Onuoha kepada Drogba. Sayang, Lampard yang dipercaya melakukan eksekusi gagal menunaikan tugas. Sepakannya ke sudut kiri bawah gawang bisa ditepis Given.

Permainan pun berjalan semakin keras. Chelsea yang berada dalam tekanan terus mencoba menyamakan kedudukan. Namun, waktu tak bisa menunggu gol kedua Chelsea. Skor 2-1 untuk tuan rumah bertahan hingga laga berakhir.

Sepanjang laga, City hanya mencatatkankan penguasaan bola sebesar 48 persen. Namun, mereka mampu mencetak enam peluang emas dari 16 kali usaha. Chelsea sendiri mampu membuat enam tembakan tepat ke gawang dari 12 kali percobaan. Sepanjang pertandingan, wsit Howard Webb mengeluarkan enam kartu kuning. Lima di antaranya diberikan kepada pemain Chelsea.

Dengan hasil ini, penghasilan poin Chelsea tersendat di angka 36. Mengingat posisi MU yang mengancam, Chelsea sudah tak boleh gagal mendulang poin lagi dalam laga-laga mendatang.
Sementara itu, bagi City, kemenangan ini mengakhiri paceklik kemenangan mereka. Posisi mereka pun naik keenam dengan 25 poin atau kalah satu angka dari Tottenham Hotpur di peringkat keempat.

Susunan pemain:
City: Given; Bridge (Kompany 76), Lescott, Toure, Richards (Onuoha 69); Barry, De Jong; Robinho (Zabaleta 90), Tevez, Wright-Phillips; Adebayor
Chelsea: Cech; Cole, Terry (Malouda 86), Carvalho (Beletti 63), Ivanovic; Essien, Lampard, Deco, Ballack (Obi Mikel); Drogba, Anelka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Komentar Sahabat