Selasa, 01 Maret 2011

Logo Olimpiade 2012 Rasis

Setahun jelang gala Olimpiade 2012 digelar di London, Iran mengancam akan menarik diri dari even olah raga sejagad ini. Gara-gara logo olimpiade.

Logo Olimpiade 2012 merupakan versi 'funky' dari angka '2012'. Logo bernilai US$650 ribu memuat simbol cincin olimpiade di angka nol. Iran mengklaim, menyimpan pesan tersembunyi. Versi Iran, logo tersebut membentuk kata 'Zion' -- istilah yang merujuk Kota Yerusalem.

Ketua Komite Nasional Olimpiade Iran, Mohammad Aliabadi mengatakan, logo tersebut telah merusak even olimpiade. Ia juga menuduh penyelenggara Inggris terlibat dalam aksi 'rasisme'.

"Ini sangat disayangkan, kita semua adalah saksi bahwa olimpiade mendatang menghadapi tantangan serius berupa semangat rasisme dari beberapa pihak," kata Aliabadi dalam surat yang ditujukan pada president nternational Olympic Committee (IOC) president Jacques Rogge, seperti dimuat News.com.au, Selasa 1 Maret 2011.

"Penggunaan kata 'Zion' oleh desainer logo olimpiade dalam lambang olimpiade 2012 adalah aksi memuakkan," tambah dia. Aliabadi memperingatkan Rogge, jika tak ada reaksi dari penyelenggara soal keberatan logo, itu akan mempengaruhi partisipasi sejumlah negara, khususnya Iran.

Logo olimpiade 2012 diluncurkan pada Juni 2007 oleh Kepala Komite Olimpiade, Sebastian Coe. Sejak saat itu, logo tersebut hujan kritik. Ada yang menyebut pola bergerigi itu seperti monster, berantakan , atau bahkan dituduh 'digambar oleh kera'. Bahkan pada tahun 2007, sebuah petisi online diluncurkan, menuntut logo olimpiade London dibongkar.

Sementara, organisator Olimpiade membela diri, kata mereka logo tersebut "modern, berani, fleksibel" dan pro anak muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Komentar Sahabat