Selasa, 10 November 2009

Ekonomi RI Indonesa Berpusat Di Jawa

Pembangunan yang masih merata berdampak besar pada kontribusi daerah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Pulau Jawa masih menjadi pusat pembangunan dengan memberikan kontribusi terhadap PDB dengan 57,8 persen.

Pulau Sumatera menyusul di posisi kedua dengan 23,3 persen dan diikuti oleh Pulau Kalimantan 9,1 persen, dan Pulau Sulawesi 4,1 persen. Sedangkan sisanya adalah Pulau Bali dan Nusa Tenggara sebesar 2,7 persen dan Pulau Maluku dan Papua sebesar 2,1 persen.


"Sekira 80 persen ekonomi Indonesia masih berpusat di Jawa dan Sumatera, tapi di luar Jawa dan Sumatera sudah mulai tinggi"ujar Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Slamet Sutomo, saat konferensi pers, di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (10/11/2009).

Berdasarkan perbandingkan provinsi-provinsi di Indonesia, tiga provinsi yang berkontribusi PDB terbesar adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat dengan kontribusi ketiganya sebesar 45,8 persen.

Di pulau Jawa, tiga provinsi yang memberikan sumbangan terbesar adalah DKI Jakarta (16,4 persen), Jawa Timur (15 persen), dan Jawa Barat (14,4 persen). Sedangkan dari Pulau Sumatera, tiga provinsi terbesar dalam kontribusi PDB adalah Riau (6,9 persen), Sumatera Utara (5,2 persen), dan Sumatera Selatan (3,0 persen).

Untuk provinsi penyumbang terbesar di Pulau Kalimantan adalah Kalimantan Timur sebesar 6,1 persen, sedangkan di Pulau Sulawesi, Sulawesi Selatan menyumbangkan 2,2 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Komentar Sahabat